Sumbangsih Kenaikan Segmen Penjualan Ritel
Secara tahunan, kinerja LPPF pada 3Q18 menurun tipis. Kinerja pendapatan 3Q18 tumbuh menjadi Rp1,86 triliun (+2,9% y-y) yang disumbang oleh pertumbuhan 4,6% y-y di segmen penjualan ritel. Kendati demikian, penurunan tipis segmen penjualan konsinyasi dan kenaikan 5,1% y-y di beban pokok pendapatan turut mengikis kinerja margin dan bottom line. Laba bersih 3Q18 pun menyusut 9,5% y-y. Di sisi lain, SSSG LPPF yang sempat menyentuh angka -26,0% pada 3Q17 hanya tumbuh menjadi 3,6% pada 3Q18. Meskipun demikian, penjualan LPPF pada 9M18 pun tercatat naik 3,1% y-y.

Strategi LPPF untuk memperbanyak kolaborasi dengan brand lain, seperti Disney, Marvel dan produk-produk activewear (Nike dan Puma) memacu pertumbuhan ritel. Namun, hal ini belum cukup mumpuni untuk mengerek pendapatan LPPF. Selain itu, kami mengamati bahwa pada 3Q18 penjualan melalui matahari.com menanjak 24,2% y-y, disumbang oleh sebagian besar konsumen offline yang berpindah ke kanal online.

Akan Menambah Satu Gerai pada 4Q18
Kendatipun tidak ada penambahan gerai baru pada 3Q18, LPPF akan menambah satu gerai baru di wilayah Gresik, Jawa Timur. Kontribusi penjualan dari Pulau Jawa (di luar Jabodetabek) sendiri mencapai 53,6% pada 3Q18. Untuk 2019, LPPF memproyeksikan penambahan 5 gerai baru (vs. 3 gerai pada FY18E) dengan penutupan 3 gerai yang kurang menguntungkan.

Download laporan lengkapnya di SINI.