Perbaikan Kinerja Mulai Membuahkan Hasil
Sesuai dengan prediksi kami, TLKM menghasilkan kinerja lebih baik pada 3Q18. Pendapatan naik menjadi Rp34,8 triliun (+8,8% q-q), ditopang oleh kenaikan di semua segmen kecuali penurunan 3,9% di segmen fixed line voice. Selain dari segi pendapatan, upaya cost control mulai membuahkan hasil, terlihat dari penurunan beban karyawan menjadi Rp3,26 trilliun (-18% q-q) dan biaya umum dan administrasi menjadi Rp1,21 trilliun (-41% q-q).

Kualitas Memenangkan Hati Pelanggan
Kenaikan harga data pada Juli 2018 tidak membuat pelanggan TLKM menurunkan belanja data, terlihat dari kenaikan data traffic 116,3% y-y. Hal ini sangat menguntungkan TLKM karena segmen data, internet, dan jasa IT merupakan kontributor pendapatan terbesar, yaitu 54% dari total pendapatan. Selain itu, kenaikan harga sebesar 4%-5% juga ditujukan bagi sekitar 700.000 pelanggan Indihome pada Agustus dan September 2018. Namun jumlah pelanggan Indihome tetap bertumbuh menjadi 4,7 juta pelanggan (+101,2% y-y) hingga akhir September 2018.

Download laporan lengkapnya di SINI.