Sulitnya Mengalahkan Angka Pertumbuhan 2Q17
Kinerja pendapatan dan laba bersih LPPF pada 2Q18 tercatat naik tipis, yang masing-masing menjadi Rp3,95 triliun (+1,8% y-y) dan Rp1,10 triliun (+0,4% y-y). Meskipun demikian, segmen penjualan ritel dan penjualan konsinyasi tetap mencatatkan angka tertingginya, yakni Rp2,55 triliun dan Rp4,44 triliun. Selain itu, LPPF juga berhasil meningkatkan transaksi penjualan di Matahari.com sebesar 32% q-q pada 2Q18. Kami mengamati bahwa kecilnya angka pertumbuhan pendapatan 2Q18 lebih disebabkan oleh tingginya pertumbuhan pendapatan 2Q16 dan 2Q17 yang mencapai 44,1% y-y dan 17,1% y-y.
Pertumbuhan kinerja pendapatan tidak terlepas dari strategi LPPF dalam menggencarkan promosi di media TV dan digital. Di sisi lain, meskipun produk yang diiklankan mencatatkan pertumbuhan double-digit, namun kenaikan beban pemasaran 2Q18 hingga 37,2% y-y turut menekan kinerja margin bottom line. Namun ke depan, mengutip dari earnings call 2Q18, manajemen menyatakan akan memangkas kegiatan pemasaran pada 2H18.
Download laporan lengkapnya di SINI.