Tercapainya Marketing Sales karena Faktor Temporer
Pada FY 2017, BSDE berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp10,4 triliun (+67% y-y), dan laba bersih Rp4,9 triliun (+172% y-y). Target marketing sales pun tercapai dengan nilai Rp7,23 triliun (+16% y-y) pada 2017.

Namun, tercapainya marketing sales didorong oleh penjualan lahan sebesar Rp3,1 triliun yang naik drastis dari tahun sebelumnya sebesar Rp1,25 triliun. Secara tidak langsung, hal ini menunjukkan turunnya performa penjualan produk residensial meskipun BSDE telah menjalankan program marketing seperti price lock.

Memperkuat Pendapatan Berulang
Pada 2018, target marketing sales BSDE flat dibandingkan tahun lalu di angka Rp7,2 triliun. Penjualan properti yang cenderung melambat memasuki tahun politik dan daya beli properti, khususnya segmen menengah-atas yang belum pulih, menjadi tantangan bagi BSDE pada 2018.

Untuk mengimbangi kondisi properti saat ini, BSDE memanfaatkan tren positif okupasi perkantoran untuk memperkuat pendapatan berulang. BSDE mengakuisisi beberapa lantai MSIG Tower dan Bakrie Tower pada akhir 2017 dan awal 2018. Pendapatan sewa pada 4Q17 tumbuh 20%, dan kami memprediksikan pertumbuhan pendapatan berulang mencapai 36% pada FY2018.

 

Download laporan lengkapnya di SINI.