Government Bonds
Pelaku pasar telah memperkirakan suku bunga acuan BI 7-DRRR tetap bertahan di level 3,50%. Di sisi lain, kenaikan kasus positif Covid-19, khususnya di wilayah DKI Jakarta, masih menjadi sentimen negatif. Kementerian Kesehatan melaporkan total pasien positif corona di Tanah Air mencapai 1.950.276 orang, per Kamis (17/06) lalu. Angka kenaikan harian tertinggi sejak 30 Januari 2021. Yield benchmark 10-tahun FR0087 ditutup di level 6,51% berdasarkan data NH Korindo Sekuritas.

Corporate Bonds
Obligasi Indomobil Finance Jatuh Tempo Agustus. Obligasi Indomobil Finance Indonesia memperoleh peringkat idA dengan prospek stabil dari Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Pefindo menilai bahwa Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2020 Seri A dari Indomobil layak mendapatkan peringkat idA. Riwayat peringkatnya pun stabil sejak tahun lalu. Obligasi senilai IDR 229 miliar tersebut akan jatuh tempo pada dua bulan ke depan, yakni 14 Agustus 2021. Peringkat idA disematkan Pefindo karena Indomobil dinilai memiliki kondisi kas yang memadai. Indomobil akan melunasi obligasi tersebut dengan menggunakan kas dan setara kas senilai IDR 848,7 miliar. (Bisnis Indonesia)

Macroeconomy
Kemenkeu Prioritaskan Pajak Karbon. Kementerian Keuangan mengungkap pemerintah akan mengutamakan implementasi rencana pungutan pajak karbon, penguatan anti penghindaran pajak, dan perluasan objek cukai untuk menambah pundi-pundi penerimaan negara ketimbang pajak pertambahan nilai (PPN) bahan pokok alias sembako. Sementara untuk PPN sembako, penerapannya tidak akan dalam waktu dekat apalagi pada masa pandemi virus corona seperti saat ini. Penerapan pungutan PPN sembako akan dilakukan saat ekonomi sudah pulih. Apalagi, rencana kebijakan perluasan tarif PPN sejatinya baru akan disampaikan secara formal oleh pemerintah kepada DPR melalui Rapat Paripurna yang digelar pada Selasa (22/6) mendatang. (CNN Indonesia)

Recommendations
Minim Sentimen dan Pembatasan Ketat. Pergerakan pasar Surat Utang Negara (SUN) pekan ini berpeluang flat, seiring minimnya sentimen data ekonomi domestik. Di sisi lain, pelaku pasar akan memfokuskan pada kenaikan kasus baru Covid-19. Kenaikan ini dikhawatirkan membuat pemerintah kembali memberlakukan kebijakan pembatasan kegiatan yang lebih ketat. Besok, pemerintah akan menawarkan tujuh seri dalam lelang SUN, yaitu SPN03210922 (New Issuance); SPN12220331 (Reopening); FR0086; FR0087; FR0088; FR0083; dan FR0089.